Senin, 28 Desember 2015

Sosialisasi Hewan Kepada PAUD


Merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan untuk bisa memberikan edukasi tentang satwa kepada murid PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini ) yang bisa dikatakan usianya masih sangat muda. Apa yang saya berikan pada saat itu saya sampaikan dengan kapasitas dan porsi yang sesuai dengan usia mereka yang akan beranjak dari balita. Dengan penuh kegembiraan canda tawa yang membuat mereka riang dan gembira akan tetapi apa yang saya sampaikan dapat diterima oleh mereka. Beberapa satwa yang saya miliki yang saya bawa saat itu diantaranya Ular, Kura-kura, Biawak dan beberapa burung yang saya miliki. Mereka sangat senang mendengarkan apa yang saya berikan saat itu tentang bagaimana cara hewan itu berpindah tempat, tergolong hewan apa, jenis makanannya apa dan yang tidak kalah menariknya tentang ajakan serta himbauan untuk mencintai dan menyayangi mahluk ciptaan Tuhan YME. 


Seluruh murid yang hadir saat itu juga banyak yang berani melontarkan beberapa pertanyaan seputar hewan peliharaan dan bagaimana cara memeliharanya. Akan tetapi para murid Paud ini lebih senang untuk memegang hewan yang saya bawa saat itu. Yang tidak kalah menariknya juga mereka begitu serius saat saya menjelaskan bahwa ada hewan yang dilindungi yang harus dijaga agar tidak sampai punah di Indonesia ini. Agak sedikit sulit ketika saya menerangkan tentang ular yang masih banyak masyarakat menganggap hewan yang sangat menakutkan. Akan tetapi saya pun memberikan arahan jika mereka melihat atau menemukan ular diluar saat mereka bermain untuk tidak dipegang atau disentuh, Akan tetapi saya arahkan untuk memberitahukan kepada orang tua atau orang yang lebih dewasa.


Setelah memberikan penjelasan selesai pada sekolah tersebut mereka meminta untuk berfoto bersama hewan-hewan tersebut akan tetapi lebih banyak dari mereka memilih berfotot dengan reptil ular. Setelah berfoto bersama arahan terakhir yang saya berikan kepada mereka yaitu mencuci kedua tangan setelah mereka memegang dan bermain bersama satwa. (tatang.s)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar